Modul Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer

Modul mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, mata kuliah ini mencakup konsep dasar Arsitektur Komputer yang penting untuk dipahami, termasuk kontrol CPU dan jalur data, sistem memori seperti caching dan memori virtual, dan komponen input/output.


on Sab, 02/18/2023 - 11:44
1.486 View

Selayang pandang: arsitektur dan organisasi komputer

Arsitektur komputer dan organisasi komputer adalah dua konsep yang saling terkait dalam dunia teknologi komputer. Arsitektur komputer merujuk pada desain sistem komputer yang mencakup struktur hardware, instruksi dan tata letak perangkat lunak, serta teknologi komunikasi yang digunakan dalam membangun sistem tersebut. Sementara itu, organisasi komputer merujuk pada hubungan antara berbagai komponen sistem komputer dan cara mereka berinteraksi untuk menjalankan perangkat lunak dan melakukan tugas-tugas tertentu.

Arsitektur komputer biasanya dibagi menjadi tiga bagian: unit pengolahan pusat (CPU), memori, dan perangkat masukan/keluaran (I/O). Unit pengolahan pusat terdiri dari unit kendali dan unit aritmetika/logika, yang bekerja sama untuk mengatur dan menjalankan instruksi-instruksi yang diterima oleh komputer. Memori adalah tempat penyimpanan data dan instruksi, dan biasanya terdiri dari RAM dan ROM. Perangkat masukan/keluaran termasuk semua perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk memasukkan dan mengeluarkan data dari sistem.

Organisasi komputer mencakup bagaimana semua komponen dalam arsitektur komputer diatur dan dihubungkan satu sama lain. Ini mencakup struktur sistem bus, jalur data, dan interkoneksi antara CPU, memori, dan perangkat I/O. Organisasi juga mencakup cara komputer mengakses dan menyimpan data dalam memori, serta cara data dikomunikasikan di antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Secara umum, arsitektur dan organisasi komputer bekerja sama untuk memastikan sistem komputer dapat menjalankan tugas-tugas tertentu dengan efektif dan efisien. Perancang sistem komputer harus memperhatikan kedua konsep ini saat merancang sistem, untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik dan dapat diperbaiki dengan mudah jika terjadi masalah.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Mampu menjelaskan logika digital dan penggunaannya dalam sistem digital.
  2. Mampu memahami representasi data di tingkat mesin.
  3. Mampu memahami organisasi mesin di tingkat perakitan.
  4. Mampu menjelaskan organisasi fungsional dari jalur data prosesor dan peningkatan kinerja.
  5. Mampu mendeskripsikan organisasi dan arsitektur sistem memori.
  6. Mampu menjelaskan interfacing dan komunikasi.
  7. Mampu memahami literatur teknis tentang sistem komputer.
  8. Mampu menganalisis kinerja yang diharapkan dari sistem komputer.

Bahan Kajian

  1. Sistem Komputer dan Teknologi Saat Ini
  2. Sistem Penomoran dan Representasi Numerik
  3. Operasi dan Unit Aritmatika dan Logika
  4. Arsitektur Set Instruksi
  5. Pemrosesan Instruksi dan Datapath (siklus tunggal)
  6. Pemrosesan Instruksi dan Datapath (multi-siklus)
  7. Perpipaan (Pipelining)
  8. Input dan Output (I/O)

 

Profil Penulis

User Picture
  • Member Since 9 tahun 11 bulan ago
Aditya Suranata

Embedded System, Internet of Things, Precision Agriculture, Controlled Environment...

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika....

Comments