Arsitektur dan Organisasi Komputer - Pertemuan 3

Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep logika boolean dan gerbang logika.


on Sab, 02/18/2023 - 13:36
1.478 View

Pertemuan Ke - 3

CPMK

:

- Mampu memahami konsep logika boolean dan gerbang logika.

Sub-CPMK

:

- Mampu mengetahui apa itu logika boolean.

- Mampu memahami bagaimana cara kerja logika boolean.

- Mampu memami bagaimana logika boolean diimplementasikan pada komputer.

- Mampu memahami bagaimana cara kerja gerbang-gerbang logika.

Topik/Bahan Kajian

:

Logika boolean dan gerbang logika.

Strategi/Metode/Model/

Teknik/ Tahapan Pembelajaran

:

Team learning, 4 orang per kelompok untuk mempelajari topik dan menghasilkan kesimpulan dalam bentuk yang siap dipresentasikan. Diakhir sesi, dosen memberikan tambahan umpan balik.

Pelaksanaan Pembelajaran

:

Luring, 2 x 50 Menit

Referensi

:

https://narin.co.id/artikel/arsitektur-dan-organisasi-komputer-pertemua…

Tugas & Evaluasi

:

Presentasi berkelompok diikuti dengan tanya jawab dua arah, dari pendengar ke presenter dan sebaliknya. Dosen bertindak sebagai moderator yang menyimpulkan hasil diskusi, menambahkan, dan mencatat nilai.

Logika Boolean

Logika boolean adalah suatu cabang dari matematika dan ilmu komputer yang berkaitan dengan pemrosesan logika yang hanya melibatkan dua nilai, yaitu benar (true) atau salah (false). Logika boolean dinamakan demikian karena ditemukan oleh George Boole pada tahun 1847.

Dalam logika boolean, terdapat tiga operator logika dasar, yaitu AND, OR, dan NOT. Operator AND menghasilkan nilai benar (true) hanya jika kedua nilai input juga benar. Operator OR menghasilkan nilai benar jika salah satu atau kedua nilai input benar. Operator NOT menghasilkan nilai kebalikan dari input.

Logika boolean digunakan secara luas dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak, seperti dalam pengembangan rangkaian elektronik, sirkuit digital, algoritma, dan pemrograman komputer. Di dalam perangkat lunak, logika boolean digunakan untuk mengevaluasi suatu kondisi dan mengambil keputusan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Sebagai contoh, dalam bahasa pemrograman C, terdapat pernyataan if-else yang memungkinkan program untuk memilih tindakan yang akan dilakukan berdasarkan pada kondisi yang bernilai benar atau salah. Contoh penggunaan logika boolean dalam pernyataan if-else adalah sebagai berikut:

  1. if (a > b) {
  2. printf("a lebih besar dari b");
  3. } else {
  4. printf("b lebih besar dari a");
  5. }

Pada contoh di atas, program akan mengevaluasi kondisi a > b. Jika kondisi ini bernilai benar (true), maka program akan mengeksekusi pernyataan pertama. Jika kondisi ini bernilai salah (false), maka program akan mengeksekusi pernyataan kedua.

Dengan menggunakan logika boolean, kita dapat melakukan operasi logika dan perhitungan matematika yang sangat kompleks dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu, logika boolean sangat penting dalam pengembangan teknologi informasi dan komputer.

Implementasi Logika Boolean pada Komputer

Logika boolean diimplementasikan pada komputer melalui penggunaan sirkuit digital. Sirkuit digital terdiri dari transistor sebagai saklar dan gerbang logika sebagai unit dasar untuk mengembangkan rangkaian digital.

Ada tiga jenis gerbang logika dasar, yaitu gerbang AND, gerbang OR, dan gerbang NOT. Gerbang AND menghasilkan nilai benar (true) hanya jika kedua input bernilai benar, gerbang OR menghasilkan nilai benar jika salah satu atau kedua input bernilai benar, dan gerbang NOT menghasilkan nilai kebalikan dari input.

Dalam pengembangan rangkaian digital yang lebih kompleks, kita dapat menggabungkan gerbang logika dasar menjadi rangkaian logika yang lebih besar seperti flip-flop, register, dan CPU. Dalam rangkaian digital ini, setiap bit pada bilangan biner dioperasikan secara terpisah menggunakan gerbang logika dasar, dan kemudian hasil operasi logika tersebut dapat disimpan dalam flip-flop atau register.

Dalam perangkat lunak, logika boolean digunakan dalam operasi pengambilan keputusan (decision making), yaitu untuk menguji apakah suatu kondisi bernilai benar atau salah, dan kemudian melakukan tindakan yang sesuai berdasarkan hasil uji kondisi tersebut. Penggunaan logika boolean dalam perangkat lunak dapat diimplementasikan melalui pernyataan if-else, pernyataan switch, atau operator logika pada bahasa pemrograman.

Dalam keseluruhan, logika boolean sangat penting dalam pengembangan teknologi komputer dan digunakan untuk membuat rangkaian digital serta perangkat lunak yang dapat memproses data dengan sangat efisien dan cepat. Dalam pengembangan perangkat keras, logika boolean digunakan untuk merancang sirkuit digital yang dapat mengolah sinyal listrik dengan menggunakan prinsip dasar matematika biner. Sedangkan dalam pengembangan perangkat lunak, logika boolean digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan kondisi atau data yang diterima oleh program.

Simbol Gerbang Logika.png
Simbol Gerbang Logika.png

Images may be subject to copyright.

Jenis-Jenis dan Cara Kerja Gerbang Logika

Gerbang logika adalah suatu komponen elektronik yang menghasilkan output logika berdasarkan pada input logika yang diberikan kepadanya. Ada beberapa jenis gerbang logika dasar yang sering digunakan dalam rangkaian digital, yaitu:

  1. Gerbang NOT (Negasi)
    Gerbang NOT hanya memiliki satu input dan satu output. Gerbang ini menghasilkan output yang merupakan kebalikan dari inputnya. Jika inputnya adalah 0, maka outputnya adalah 1, dan sebaliknya. Simbol untuk gerbang NOT adalah lingkaran di dekat input.
  2. Gerbang AND (Konjungsi)
    Gerbang AND memiliki dua atau lebih input dan satu output. Gerbang ini menghasilkan output 1 hanya jika semua inputnya bernilai 1, sedangkan jika salah satu inputnya bernilai 0, maka outputnya akan bernilai 0. Simbol untuk gerbang AND adalah garis horizontal dengan input yang masuk ke atas dan bawah garis.
  3. Gerbang OR (Disjungsi)
    Gerbang OR juga memiliki dua atau lebih input dan satu output. Gerbang ini menghasilkan output 1 jika salah satu atau semua inputnya bernilai 1, dan menghasilkan output 0 jika semua inputnya bernilai 0. Simbol untuk gerbang OR adalah garis vertikal dengan input yang masuk dari samping garis.
  4. Gerbang XOR (Xclusive OR)
    Gerbang XOR juga memiliki dua input dan satu output. Gerbang ini menghasilkan output 1 jika salah satu inputnya bernilai 1, tetapi tidak keduanya. Jika kedua inputnya sama (baik 1 atau 0), maka outputnya akan bernilai 0. Simbol untuk gerbang XOR adalah gambar silang (+) dengan input yang masuk dari samping silang.
  5. Gerbang NAND (Negasi AND)
    Gerbang NAND adalah kombinasi dari gerbang NOT dan gerbang AND. Gerbang ini menghasilkan output 0 hanya jika semua inputnya bernilai 1, dan menghasilkan output 1 jika salah satu atau semua inputnya bernilai 0. Simbol untuk gerbang NAND adalah garis horizontal dengan lingkaran di dekat input.
  6. Gerbang NOR (Negasi OR)
    Gerbang NOR adalah kombinasi dari gerbang NOT dan gerbang OR. Gerbang ini menghasilkan output 1 hanya jika semua inputnya bernilai 0, dan menghasilkan output 0 jika salah satu atau semua inputnya bernilai 1. Simbol untuk gerbang NOR adalah garis vertikal dengan lingkaran di dekat input.

Cara kerja dari gerbang logika adalah sebagai berikut: setiap gerbang logika menerima input logika, yang dapat berupa sinyal listrik dengan level tegangan tertentu. Kemudian, gerbang logika akan memproses input ini dan menghasilkan output logika. Output ini dapat berupa sinyal listrik yang memiliki level tegangan tertentu yang sesuai dengan output logika yang dihasilkan (1 atau 0). Output ini kemudian dapat digunakan sebagai input ke gerbang logika lain atau ke rangkaian digital yang lebih kompleks.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika
Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Images may be subject to copyright.

Profil Penulis

User Picture
  • Member Since 9 tahun 10 bulan ago
Aditya Suranata

Embedded System, Internet of Things, Precision Agriculture, Controlled Environment...

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika....

Comments